13/12/10

Trik Mengoptimalkan Kinerja Windows 7


Windows 7 adalah OS keluaran Microsoft yang populer untuk zaman sekarang ini karena orang di zaman serba modern ini membutuhkan OS (Operating System) yang mempunyai tampilan yang bagus dan sistem kerja yang memuaskan untuk memudahkan pekerjaan, karena Windows 7 ini mempunyai kelebihan tersendiri daripada kakak2nya versi windows terdahulu seperti windows Vista, Windows XP, Windows Me, dan Windows 98.
Windows 7 pada dasarnya penyempurnaan dari versi windows vista. Secara garis besar, performa dari windows 7 ini memang lebih cepat tetapi tetap masih bisa disempurnakan lagi kinerjanya.
Berikut adalah trik untuk mempercepat kinerja windows 7 :
1.       Percepat waktu Booting
Klik Start > ketik “msconfig” pada bagian search programs and files > lalu Enter
Klik pada tab “Boot” > lalu “Advanced options”
Cek pilihan “Number of processors” > tentukan berapa prosesor yang anda inginkan sesuai dengan kondisi PC/Notebook anda (biasanya 2, 4 atau lihat di spesifikasi PC/Notebook anda)
Klik “OK” dan “Apply”
Lalu Restart
2.       Mempercepat proses Shutdown
Sebenarnya proses Shutdown Windows 7 lebih cepat dari Operating System pendahulunya, Windows XP dan Vista. Tetapi kinerjanya masih bisa dioptimalkan lagi. Caranya :
Klik Start > ketikkan “regedit” > enter
Buka HKEY LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControl
Klik kanan pada WaitToKillServiceTimeOut dan rubah nilainya menjadi lebih kecil. Secara umum ukurannya adalah 12000 (12 detik) namun angka tersebut bisa diperkecil lagi.
Klik OK dan reset PC/Notebook
3.       Mempercepat perpindahan antar Windows
Untuk mempercepat konfigurasi antar window caranya dengan men-disable atau meminimisasi animation. Berikut adalah langkah-langkahnya :
Klik Start > ketik “SystemPropertiesPerformance”
Klik tab Visual Effects
Hilangkan centang pada “Animate windows when minimizing and maximizing” > klik OK
4.       Menghapus Font yang tidak perlu
Untuk kinerja yang lebih optimal, silahkan menghapus sejumlah font yang tidak anda gunakan. Caranya :
Buka Control Panel
Buka folder Fonts
Pindahkan font yang tidak kita gunakan atau tidak pernah dipakai ke direktori sementara (misalnya C:/BACKUPFONTS), mungkin suatu saat anda memakainya kembali.
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog